Media Belajar Online TIK Kelas 9

Media Belajar Online TIK Kelas 9

Selasa, 22 Juli 2014

Manfaat Layanan Email

A. Pengertian Email
Sebelum membahas apa manfaat layanan email sesuai dengan tema judul posting ini, perlu sekali penulis sampaikan pengertian dari email itu sendiri. Email atau "Electronic Mail" atau dalam bahasa Indonesia "Surat Elektronik" adalah salah satu jenis layanan yang ada diinternet yang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik menggunakan jaringan internet, surat akan dikirim sesuai dengan alamat yang diberikan ke tujuan. Surat elektronik atau email memungkinkan kita dapat mengirim naskah berupa teks, gambar, video, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada orang lain yang juga memiliki email dalam waktu yang sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh penyedia layanan email adalah Yahoo, Gmail, Hot Mail dan masih banyak lagi penyedia layanan email lainnya Email umumnya menyediakan dua layanan, yaitu layanan berbayar dan layanan gratis. Perbedaan antara layanan email yang berbayar dan yang gratis biasanya terletak pada kapasitas ruang untuk penampung data email, dan pemberian nama atau alamat email. Contoh alamat email dari penyedia layanan email gratis misalnya dari yahoo.com akan menjadi seperti aldo_joss@yahoo.com, aldo_joss merupakan user name nya (nama penggunanya) sedangkan @yahoo.com adalah nama penyedia layanannya. Sedangkan email berbayar, pengguna bisa memilih alamat sesuai dengan keinginanannya tanpa ada tambahan @yahoo.com, misalnya seperti aldo_joss@nehemia.com, asal namanya masih tersedia.


B. Manfaat Email
Dan berikut ini beberapa dari 5 manfaat yang kita dapatkan dengan mempunyai Email. :
  1. E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
  2. Dengan e-mail ini, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat, efisien dan gratis.
  3. Bisa mengirimkan kepada lebih dari satu orang saat bersamaan.
  4. Dapat dipergunakan untuk mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di belahan dunia manapun.
  5. Bisa Digunakan untuk berlangganan informasi, artikel, news tertentu secara periodik.
Bagi anda yang sudah mulai mengenal dengan dunia internet, keberadaan situs jejaring sosial seperti Facebook Twitter, BBM, Line dan beberapa jejaring sosial lainnya mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda dan bahkan mungkin hampir semua yang mengenal internet ini sudah memiliki akun jejaring sosial tersebut. Untuk itu registrasi untuk memiliki akun jejaring sosial tersebut kita membutuhkan sebuah akun email sebagai syarat registrasi yang WAJIB, dan masih banyak lagi manfaat2 yang sangat menguntungkan untuk kita.


oleh Alex Bayu Purwanto, S.Kom
sumber : http://www.infoonlineku.com/

Comments
0 Comments