Media Belajar Online TIK Kelas 9

Media Belajar Online TIK Kelas 9

Senin, 04 Agustus 2014

Aplikasi-Aplikasi Dalam Internet

Berbagai Aplikasi Di Internet
Aplikasi Internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi yang ada di dalam internet.Aplikasi-aplikasi di Internet kemudian digunakan dalam segala bidang seperti akademis,militer,medis,media massa,dan berbagai sektor industri lainnya. Contoh Aplikasi Internet: www,electronik mail,mailing list newsgroup,internet relay chat,file transfer protokol ,telnet,gopher,dan ping, facebook, twitter.

Fungsi dan Pengertian aplikasi yang ada di dalam internet

1.WWW( WORLD WIDE WEB)
Aplikasi yang paling menarik di internet dan seperti e-mail.Web dibuat dengan format hypertext dan hypermediadengan menggunakan HTML.HTML memiliki kemampuan untuk mrnghubungkan(link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain.HTML dapat memuat:teks,gambar,animasi, audio dan vidio.

2.E-mail (Electronic Mail)
yaitu salah satu kemudahan atau aplikasi yang paling banyak di internet,karena e-mail merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat.konsep e-mail adalah seperti anda mengirimkan surat di pos biasa,dengan beralamatkan tempat yang anda tuju.Dengan e-mail data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan sangat cepat.E-mail juga dapat digunakan untuk mengirim file-file(program gambar,grafik dsb)

3.Mailing List(MILIS)
yaitu aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.Milis merupak bentuk lain dari e-mail dan memiliki sifat yang sama dengan e-mail.digunakan oleh kelompok- kelompok untuk bertukar informasi dan bediskusi sesama anggota kelompok.

4.Newgroup
yaitu forum pebincangan atau boleh dibayangkan sebagai suatu tempat dimana terdapat ruangan-ruangan perbincangan yang unik,dan tiap-tipa ruang memiliki topik perbincangan yang berbeda.Newgroup juga dianggap sebagai BULLETIN BOARD yang ada di sekolah atau kantor,dimana setiap orang boleh meletakkan artikel-arikel atau pendapat-pendapatnya.

5.Internet Relay Chat (IRC)
yaitu aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet atau yang biasa disaebut dengan istilah chatting.Chatting dapat dilakukan dengan cara mengetik teks dan mengirimkannya kepada teman chatting anda.Melalui chatting kita dapat berkenala dan bercerita dengan orang-orang yang ada di seluruh dunia.

6.File Transfer Protocol (FTP)
yaitu aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain.Digunakan untuk mencari dan mengambil(dwonload) arsip file di suatu server di internet.FTP juga digunakan untuk meng-ulpoad file materi situs(homepage) sehingga dapat diakses oleh pengguna dari pelosok dunia.

7.Talent
yaitu aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.Dapat digunakan apabila mempunyai alamat IP(IP address) dari komputer yang akan diakses dan juga harus mempunyai hak akses (User ID dan password)

8.Gopher
yaitu aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.Namun informasi yang dicari hanya terbatas pada teks.Untuk mendapatkan informasi dari Gopher ,kita harus menghubungkan diri dari gopher server yang ada di intrnet.

9.Ping/paket internet gopher
Untuk mengetahui apakah komputer yang digunakan mempinyai sambungan?(terkoneksi) dengan komputer lain di internet.Melalui aplikasi yang ada di internet keuntungan yang dirasakan antara lain sebagai berikut:
a. sarana untuk mendapatakan & menyampaikan informasi yang cepat dan murah.
b.mengurangi biaya kertas & biaya distribusi.
c.sebagai media promosi.
d.sarana komunikasi interaktif.
e. sebagai alat RESEARCH & DEVELOPMENT.
f.sarana untuk bertukar data.
10. Facebook
merupakan sarana sosial yang menghubungkan orang-orang dengan teman dan rekan mereka lainnya baik yang bekerja, belajar, dan hidup disekitar mereka.
11. Twitter
merupakan sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. yang menawarkan jejaring sosial berupa microblog sehingga memungkinkan penggunaanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profile pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (followers).    


oleh Alex Bayu Purwanto, S.Kom
Comments
0 Comments