Media Belajar Online TIK Kelas 9

Media Belajar Online TIK Kelas 9

Senin, 21 Juli 2014

Perangkat Keras (Hardware) Jaringan Komputer

1. HUB
Merupakan sarana network yang digunakan untuk memperkuat transmisi sinyal pada suatu jenis workstation tertentu



2. Repeater
Repeater merupakan piranti elektronik yang bertugas menerima sinyal kemudian meneruskannya pada level yang lebih tinggi atau dengan daya yang lebih besar.


3. Router
Router merupakan piranti jaringan yang bertugas menforward paket data sepanjang jaringan menggunakan header dan tabel forwarding, sehingga rute terbaik untuk transportasi data.



4. Network Interface Card (NIC)
Network Interface Card (NIC) merupakan circuit board yang memberi kemampuan komunikasi jaringan ke komputer-komputer personal yang terpasang pada motherboard.


5. Bridge
Bridge merupakan alat yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan komputer.





6. Kabel & Konektor
Kabel dan konektor merupakan kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer yang lain. Kabel yang digunakan disebut dengan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), yaitu terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda. Kabel UTP tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, sehingga dalam instalasi kabel UTP disarankan jangan berdekatan dengan kabel arus listrik.


Sedangkan konektor yang digunakan disebut konektor RG-45 yaitu konektor kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya.Konektor kabel RJ 45 Mediatech memiliki konfigurasi tiga macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya. RJ-45 merupakan kode seri dari (Registered Jack), suatu interface fisik dari jaringan kerja (network) , untuk kegunaan telekomunikasi dan komunikasi data.



7. Crimping Tool
Crimp tool / Crimping tool adalah alat untuk memasang kabel UTP ke konektor RJ-45 / RJ-11 tergantung kebutuhan. Bentuknya macam-macam ada yang besar dengan fungsi yang banyak, seperti bisa memotong kabel, mengupas dan lain sebagainya. Ada juga yang hanya diperuntukan untuk crimp RJ-45 atau RJ-11 saja. Contoh gambarnya seperti berikut.










































8. LAN Tester

LAN tester adalah sebuah alat yang digunakan untuk pengecekan kabel UTP yang telah terpasanag RJ- 45 atau RJ-11. Contoh gambar dan penggunaannya seperti berikut.












































oleh Alex Bayu Purwanto, S.Kom
























Comments
0 Comments