Media Belajar Online TIK Kelas 9

Media Belajar Online TIK Kelas 9

Kamis, 07 Agustus 2014

Protokol Jaringan Komputer

Protokol merupakan suatu rule atau aturan main yang mengatur komunikasi data. Dalam jaringan komputer terjadi proses komunikasi antar perangkat lainnya yang berlainan sistem. Perangkat yang ada tersebut dapat mengirim dan menerima data yang dibutuhkan. Analogi dari protokol adalah bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Adapaun macam-macam dari protokol itu sendiri adalah sebagai berikut :
  1. TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol
  2. merupakan sekumpulan protokol yang melakukan fungsi komunikasi data antar komputer sesuai dengan jangkauan wilayahnya seperti LAN, MAN atau WAN bahkan internet. Semua layanan protokol mempunyai fungsi masing-masing.
  3. FTP (File Transfer Protocol)
  4. adalah layanan protokol antar komputer yang dapat saling mengirim file baik berupa teks maupun gambar.
  5. HTTP (Hypertext Transfer Protocol
  6. adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe data.
  7. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
  8. merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.

oleh Alex Bayu Purwanto, S.Kom
Comments
0 Comments