Media Belajar Online TIK Kelas 9

Media Belajar Online TIK Kelas 9

Selasa, 05 Agustus 2014

Memilih Akses Internet Via ISP

Untuk mempunyai akses ke internet, kita harus tersambung melalui penyedia layanan internet atau yang lebih dikenal dengan ISP (Internet Services Provider) seperti jenis seluler diantaranya yaitu ada Indosat, Three, Telkomsel, XL, Smartfren, selain jenis selular itu juga ada Lintas Arta, CBN, Telkom, VSAT dan lain-lain. Ada banyak ISP di Indonesia, baik yang sudah mempunyai legalitas dari POSTEL (Pos Telekomunikasi) atau bahkan yang belum terdaftar sebagai ISP yang telah menjadi anggota APJII (Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). Ada beberapa faktor yang patut dipertimbangkan sebelum memilih ISP yang sesuai atau nantinya yang digunakan untuk jasa layanan ke internet, faktor-faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Tipe dan Jenis Koneksi
Sebelum kita memilih ISP, kita harus menentukan dahulu tipe dan jenis yang kita inginkan. Tipe koneksi ada beberapa macam seperti personal, office atau jenis tipe lainnya dan jenis koneksinya pun berbeda-beda seperti Wireless, leased channel, jaringan telpon PSTN, atau VSAT. Ini semuanya tergantung kebutuhan kita. Kalau hanya untuk koneksi di rumah, kita cukup memilih tipe personal dengan jenis koneksi wireless atau jaringan telpon.

Harga dan Perbandingannya dengan Kualitas Layanan
Biaya yang ditawarkan ISP bermacam-macam. Ada biaya tetap per bulan dengan koneksi limited atau unlimited ataupun per tahun. Yang lain menawarkan tarif per jam atau per kilobyte jumlah data yang ditransfer. Ini tergantung intesitas pemakaian kita. Kalau intensitas pemakaian kita selalu download maka lebih baik memilih tarif per jam dan bila hanya sekedar browsing atau membaca email kita sepatutnya memilih tarif per kilobyte. Atau kita memilih biaya tetap per bulan dengan koneksi unlimited untuk keleluasaan dalam berinternet ria. Yang patut diperhatikan juga adalah kualitas layanan dan apakah biaya itu sepadan dengan apa yang kita dapatkan. Pada intinya adalah bandwidth tidaklah gratis. Semakin besar bandwidth yang diberikan semakin mahal pula harganya.

Dukungan dan Jaminan
Kalau kita memilih menjadi pelanggan tetap sebuah ISP, bagaimana jaminan yang dapat diberikannya? ISP biasanya memberikan jaminan yang disebut CIR (Customers Interconnect Rate) yaitu jaminan dari ISP untuk lebar jalur yang digunakan oleh pelanggan ke internet. Biasanya ISP akan memberikan jaminan CIR 1:1 untuk pelanggan yang menyewa bandwidth Dedicated Connections sehingga bandwidth yang kita sewa tetap. Koneksi dedicated berbeda dengan koneksi broadband, koneksi broadband atau shared conections biasanya besarnya 384 kbps yang akan dibagi untuk antara 20-30 pelanggan. Selain itu, dukungan teknis yang mereka berikan terhadap pelanggannya harus diperhatikan. Carilah ISP yang membantu kita dari awal instalasi sampai terkoneksi ke internet dan juga mempunyai layanan pelanggan yang siap 24 jam apabila kita menghadapai masalah di koneksi.

Feature dan Layanan Lainnya
Konektivitas internet membutuhkan administrasi, konfigurasi, dan maintenance jaringan yang terus-menerus. ISP biasanya memberikan layanan ini. Untuk pengguna dial-up, tanyakan apakah ada fasilitas account email yang beratas nama pelanggan, dengan ruang mail spool yang cukup. Untuk pengguna direct access, tanyakan apakah ISP tersebut menawarkan registrasi pengenal jaringan seperti nama domain dan alamat IP Internet. Selain itu biasanya terdapat layanan lokal seperti VoIP, radio broadcasting, download files, dan sebagainya yang merupakan nilai tambah yang harus kita perhatikan.

Kepuasan Pelanggan
Yang juga perlu dilakukan adalah melakukan survey pada konsumen lain yang telah menggunakan layanan ISP tersebut. Dengan banyak bertanya ataupun membaca testimonial di forum ataupun mailing list tentang layanan suatu ISP kita akan lebih banyak mengetahui bagaimana kualitas layanan dari ISP tersebut.
Comments
0 Comments