Media Belajar Online TIK Kelas 9

Media Belajar Online TIK Kelas 9

Senin, 21 Juli 2014

Perangkat Keras Untuk Akses Internet



1. Komputer
Perangkat keras yang paling utama untuk mengakses jaringan internet adalah komputer. Beberapa jenis komputer yang dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet diantaranya adalah Personal Computer (PC), laptop (notebook/netbook), tablet (tab), ipad, handphone dan lain-lain. Sebuah komputer dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet harus memenuhi syarat-syarat tertentu, pada jaman sekarang disarankan untuk menggunakan spesifikasi yang besar terutama untuk hardware komputer itu sendiri, seperti kecepatan processor, kapasitas penyimpanan, dan hardware-hardware pendukung lainnya.

2. Modem
Modem singkatan dari Modulasi Demodulasi merupakan suatu perangkat keras untuk komunikasi tambahan
bagi computer, berfungsi untuk mengkonversikan atau mengubah signal analog (telepon) menjadi signal digital (komputer) dan demikian juga sebaliknya. Signal digital ialah signal elektronik, yang diwakili oleh angka 0 dan angka 1, angka 1 mewaili signal hidup dan angka 0 mewakili signal mati. Dengan demikian signal kombinasi angkalah sebuah komputer mampu mengkonversi data menjadi bentuk teks, grafik dan sebagainya. Sedangkan signal analog merupakan bentuk gelombang bunyi melalui kabel elektrik/telepon. Jenis-jenis modem adalah sebagai berikut ini :

a. Modem Dial Up
Modem dial up merupakan modem yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet melalui saluran telephone, baik saluran telephone kabel maupun tanpa kabel. Modem dial up dibagi menjadi dua bagian yaitu :
  • Modem Internal
  • Modem Internal terpasang langsung di dalam CPU sebuah komputer. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI.
  • Modem Eksternal
  • Modem Eksternal merupakan alat yang diletakkan di luar system unit komputer. Dengan modem inilah komputer dapat terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan orang lain di tempat yang berbeda. Kelebihan modem jenis ini jika ingin memutuskan sambungan internet tidak harus mematikan system unit komputer, hanya dengan mematikan modem yang ada di luar. Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau USB. Keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik maka modem eksternal ini disebut juga dengan modem portable, yaitu gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain.
b. Modem Kabel
Modem kabel (cabel modem) adalah perangkat yang menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini bisa dipakai koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dial up maupun modem ADSL.Kecepatan modem TV kabel maksimum mencapai 27Mbps untuk downstream (kecepatan download / unduh ke pengguna), dan 2,5Mbps untuk upstream (keceptan upload / unggah dari pengguna).

c. Modem ADSL
Modem ADSL singkatan dari Assymetric Digital Subscriber Line merupakan modem yang mampu memecah sinyal line telephone menjadi dua bagian untuk suara dan data. Berikut adalah gambar moden ADSL.

3. Saluran Komunikasi
Selain peralatan diatas, satu hal yang tak kalah penting untuk dapat mengakses jaringan internet adalah jaringan komunikasi. Jaringan komunikasi yang dapat digunakan untuk akses internet yaitu :

a. Kabel Telepon (Line Telephone)
Telepon merupakan saluran komunikasi untuk mentransfer data. Sarana komunikasi ini penting untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.

b. Telephone Seluler
Sluran komunikasi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet dengan menggunakan jaringan telephone seluler / telephone tanpa kaber (wireless). Internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless / tanpa kabel dengan menggunakan protokol : 
1. WAP (Wireless Application Protocol). WAP bekerja dengan modus teks dengan kecepatan 9.6 Kbps.
2. GPRS (General Packet Radio Service) dengan kecepatan 56 kbps hingga 115 kbps.
3. 3G (Third Generation) pada telephone seluler berbasis CDMA (Code Division Multiple Access), 3G ini       memiliki kecepatan transfer data hingga 230 kbps. 

c. Jaringan Kabel Optic (TV Kabel)
Yaitu saluran komunikasi yang menghubungkan komputer ke internet menggunakan jaringan TV kabel, dan modem yang digunakan adalah modem kabel. 

d. ISDN
ISDN (Integrated Services Digital Network) merupakan suatu sistem telekomunikasi dimana layanan antar data, suara dan gambar diintegrasikan kedalam suatu jaringan. 

e. Satelit VSAT
VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. 
Comments
0 Comments