Media Belajar Online TIK Kelas 9

Media Belajar Online TIK Kelas 9

Rabu, 23 Juli 2014

Chatting Dengan Yahoo Messenger

Chatting Menggunakan Yahoo Messenger Di Komputer PC, Laptop, Ipad dan Handphone
Panduan chatting menggunakan yahoo messenger pada komputer PC, laptop maupun yang lain langkahnya adalah sama saja, berikut ini adalah bagi yang benar-benar pemula. Untuk bisa chatting di yahoo messenger sayaratnya adalah :
  1. Mempunyai id yahoo messenger, ini bisa  didapatkan dengan cara mendaftar email di mail.yahoo.com, atau bagi yang sudah memiliki email yahoo, bisa gunakan email yahoo sebagai Id yahoo messenger. Namun jika belum mempunyai email yahoo bisa membuatnya terlebih dahulu, silahkan membaca panduan cara membuat email klik disini.
  2. Jika sudah mempunyai Id yahoo messenger harus memiliki aplikasi atau software yahoo messenger, jika belum punya aplikasi yahoo messenger silahkan download klik di sini, jika sudah didownload silahkan instal aplikasi yahoo messenger, jika belum mengerti cara menginstal aplikasi yahoo messenger silahkan baca panduannya klik di sini.
Jika sudah memiliki ID yahoo messenger dan aplikasi yahoo messenger untuk chatting, sekarang saatnya membaca panduan cara chatting menggunakan yahoo messenger.
  1. Buka aplikasi yahoo messsenger yang sudah terinstal pada komputer atau PC,
  2. Masukkan ID yahoo messenger dan pasword pada kolom yang telah disediakan, perhatikan gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas adalah contoh pengisian id yahoo dan paswordnya, jika chatting di warnet untuk pilihan remember my ID & Password jangan diberi tanda centang, biarkan saja kosong, karena jika diberi centang password dan id yahoo akan tetap tampil di aplikasi yahoo messenger di komputer warnet, jika ID dan password masih menempel di aplikasi ada kemungkinan orang lain akan menggunakannya. Namun jika yang digunakan adalah komputer atau laptop pribadi tidak apa-apa jika beri tanda centang, sehingga tidak perlu mengetik ID dan password jika ingin melakukan chatting. Selanjutnya jika sudah memasukan ID yahoo dan password klik tombol Sign in.
3. Setelah tekan Sign in akan tampil jendela seperti gambar di bawah ini,

    Contoh gambar di atas apabila telah memiliki teman di Yahoo messenger, namun jika belum mempunyai teman di yahoo messenger belum ada nama teman yang tampil. ID yang bersimbul kuning berarti menandakan teman sedang online, sedangkan yang berwarna abu abu adalah sedang offline.
    4. Karena ID nya masih baru tentunya harus tahu caranya menambahkan ID yahoo teman,             untuk menambahkan ID yahoo messenger teman adalah dengan cara klik menu contact             kemudian klik add contact
         kemudian masukkan id yahoo teman tersebut, lalu tekan next.
    Tips:Jika sama sekali tidak mengetahui ID YM teman, maka bisa melihatnya di profil Facebook teman (jika punya facebook), atau pilihan terakhir bisa mencoba menambahkan id YM saya yaitu : cobadehdong@yahoo.com
         Kemudian lanjutkan dengan tekan tombol next lagi
        dan yang terakhir adalah tekan tombol finish.
        setelah id yahoo teman ditambahkan, tinggal menunggu konfirmasi dari teman, apakah               permintaan penambahan ID YM disetujui atau tidak.
    5. Cara menambahkan teman sudah, sekarang saatnya melakukan chatting dengan teman atau       kenalan. Cara memulai chatting adalah dengan cara double klik (klik dengan cepat)                 pada salah satu Id yahoo messenger teman yang sedang online.
         berikut ini contoh percakapan dalam aplikasi yahoo messenger.

        kotak bagian bawah adalah tempat untuk mengetik kalimat yang akan disampaikan                   kepada teman chatting.
    6. Jika telah selesai chatting lakukan sign out untuk keluar dari chatting yahoo messenger. jika       chatting di warnet harus ingat akan hal ini, karena jika langsung klik tanda close pada jendela     yahoo messenger dan tidak klik sign out dulu, maka sama saja meninggalkan yahoo                   messenger dalam keadaan online, tentunya akan menghawatirkan jika nanti dipakai oleh             pengguna warnet yang lain.
    Tips : Chat Room Yahoo mesenger dihilangkan!!!!
    Bagi kamu yang ingin mencari kenalan dengan jalan melalui fasitas chat room, lebih baik lupakan saja. karena saat ini fasilitas chat room sudah ditiadakan oleh Yahoo. dikarenakan fasilitas tersebut kurang memberikan keuntungan bagi mereka.

    Itulah sedikit penjelasan tentang bagaimana cara chatting menggunakan yahoo messenger, semoga penjelasan di atas cukup jelas dan mudah dipahami. jika masih kurang jelas tentang panduan cara chatting yahoo messenger ini, silahkan meninggalkan komentar di bawah ini.



    oleh Alex Bayu Purwanto, S.Kom
    sumber : http://belajar-komputer-mu.com/

    Comments
    0 Comments