Media Belajar Online TIK Kelas 9

Media Belajar Online TIK Kelas 9

Senin, 21 Juli 2014

Perangkat Keras Untuk Akses Intranet

Perangkat keras yang dibutuhkan sama persis dengan perangkat keras jaringan komputer dimana sudah pernah saya posting sebelumnya. Hanya saja di posting ini saya akan menjelaskan lebih rinci. Berikut masing-masing perangkat keras yang harus dipersiapkan untuk jaringan intranet.
1. Komputer Server
2. Komputer Client
3. Kartu Jaringan
4. Kabel Jaringan
5. Konektor
6. HUB
7. Bridge
8. Router

1. Komputer Server
Komputer server adalah komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola arus lalu lintas data sebuah jaringan komputer.



2. Komputer Client
Komputer client adalah unit komputer yang digunakan untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server. Istilah komputer client bisa disebut dengan Workstation atau Node.














3. Kartu Jaringan
Disebut juga Network Interface Card (NIC) merupakan circuit board yang memberi kemampuan komunikasi jaringan ke komputer-komputer personal yang terpasang pada motherboard. Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama yaitu
  • piranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer. 
  • piranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik, artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.















4. Kabel Jaringan
Kabel Jaringan digunakan untuk menghubungkan dan atau mengalirkan data satu komputer ke komputer yang lain. Kabel jaringan terdiri dari 3 jenis yaitu :
  • Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
  • Terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda. Kabel UTP tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik. Kabel UTP terdiri dari 8 pin warna








  • Kabel Koaksial
  • Terdiri atas konduktur silindris melingkar yang mengelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif. Sering digunakan pad topologi bus dan ring.
  • Kabel Fiber Optik
  • Merupakan media networking medium yang digunakan untuk transmisi-transmisi modulasi. Fiber optik mempunyai beberapa karakteristik yaitu :
  1. kecepatan dan keluaran memiliki 100+ Mbps.
  2. biaya rata-rata per node cukup mahal.
  3. media dan ukuran konektor kecil.
  4. panjang kabel maksimal yang diijinkan yaitu 2 km.
       

5. Konektor
Perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan komputer. konektor yang digunakan disebut konektor RG-45 yaitu konektor kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya.Konektor kabel RJ 45 Mediatech memiliki konfigurasi tiga macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya. RJ-45 merupakan kode seri dari (Registered Jack), suatu interface fisik dari jaringan kerja (network) , untuk kegunaan telekomunikasi dan komunikasi data.


6. HUB
Hub atau konsentrator merupakan sarana network yang digunakan untuk memperkuat transmisi sinyal pada suatu jenis workstation tertentu selain itu hub juga berfungsi untuk menyatukan kabel-kabel jaringan dari setiap workstation, server atau perangkat lain. 




7. Bridge
Bridge merupakan alat yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan komputer.



8. Router
Router merupakan alat yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda. Router berfungsi untuk memforward atau mencari jalur yang terbaik pada pengiriman paket data sepanjang jaringan berdasarkan alamat tujuan dan alamat asal dengan menggunakan header dan tabel forwarding.




oleh Alex Bayu Purwanto, S.Kom

Comments
0 Comments