Media Belajar Online TIK Kelas 9

Media Belajar Online TIK Kelas 9

Minggu, 20 Juli 2014

Manfaat & Tujuan Proxy Server

Proxy server merupakan server yang digunakan untuk menyimpan chace web yang pernah diakses oleh pengguna. Manfaat dari proxy server adalah untuk mempercepat akses ke situs web serta mengoptimalkan bandwith yang dimiliki. Selain itu juga karena ini untuk kebutuhan sekolahan jadi situs-situs yang dianggap tidak sesuai dengan pembelajaran bisa di proteksi, karena ini bisa membentuk moral juga perilaku siswa ke hal negatif.
Beberapa pengguna internet biasanya pernah mengakses situs informasi yang sama. Sebagai contoh, setiap pengguna selalu mengakses suatu situs, misalnya Yahoo, Facebook, Kompas.com, atau web institusi / perusahaan yang diakses oleh karyawan secara bersamaan, dll. Tanpa proxy, setiap pengguna harus melakukan akses langsung ke server Yahoo!/facebook di Amerika sana, yang hal ini karena jauhnya jarak ke server luar tersebut, maka menghasilkan delay yang besar, itulah mengapa walaupun bandwith anda terasa besar yang diberikan oleh ISP anda tetapi performance yang dihasilkan tidak memuaskan,

Read More
hal ini disebabkan delay (lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan tanggapan request dari sisi server).
Sebagai contoh anda mempunyai bandwith 4Mbps tetapi kenapa setiap saat membuka halaman pertama web/situs tujuan anda, requestnya tidak langsung dirasakan / terlihat dilayar monitor tetapi menunggu beberapa saat, hal ini cukup mengganggu bagi sebagian orang atau bisa dikatakan mencerminkan speed internet anda yang lambat.
Dengan adanya proxy server, pengakses yang akan melihat halaman Yahoo! tidak perlu harus selalu mengakses secara langsung ke server yahoo yang letaknya di Amerika, tetapi cukup diakses cache proxy server Local anda saja. sehingga sangat menghemat bandwith anda sekaligus mempercepat request koneksi bandwith anda. jika anda membuka web tujuan akan langsung muncul dilayar monitor tanpa adanya delay.
PROXY EXTERNAL MIKROTIK - SMOOTHWALL

Pada kesempatan ini proxy SMP 1Juwana sudah kami lengkapi dengan aplikasi kernel Linux yaitu Smoothwall, kernel Linux ini juga bisa difungsikan sebagai web proxy external Mikrotik, yang menurut beberapa orang kurang maksimal jika menggunakan web proxy bawaan Mikrotik. Sehingga pengaturan bandhwidth management kita tetap menggunakan Mikrotik dan untuk proxy external menggunakan Smoothwall. Dengan menggunakan Smoothwall sebagai external proxy mikrotik, berinternet terasa lebih cepat dan terasa nyaman, karena cache disimpan di dalam smoothie setiap halaman web yang sama diakses oleh client.
Jangan terbayang linux yang sulit dan rumit dalam membangun sebuah proxy dengan Smoothwall ini, karena dengan GUI (Graphical User Interface ) berbasis Web mempermudah dalam menginstal dan mengatur konfigurasi firewall layaknya dalam Windows.
Sebuah router, firewall dan proxy sangat dibutuhkan untuk keperluan jaringan seperti di kantor, di warnet yang membutuhkan sharing internet dengan bandwith yang pas-pasan. Karena sebesar apapun bandwidth yang kita miliki, tanpa pengaturan dan pembagian yang akurat, akan sia-sia dan tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

SKEMA PROXY SERVER SMOOTHWALL

Artikel oleh : Team IT SMP 1 Juwana
Comments
0 Comments